NONTON TV ON LINE

Get this widget

Kamis, 06 November 2008

Website Anak-Anak

Pengenalan tentang teknologi informasi bidang website sejak dini perlu diupayakan. Dengan maraknya Warung Internet yang ada saat ini dan pentingnnya pembelajaran bagi generasi muda, perlu pendampingan bagi mereka dalam pengenalan Internet / Website yang aman agar tidak menimbulkan pengaruh buruk.

Memperkenalkan Website yang bersifat edukasi ke anak-anak sangat membantu membangun persepsi bahwa Website berfungsi untuk belajar, bukan untuk main-main atau hiburan semata.

Sulitnya menemukan website untuk anak-anak di Indonesia mungkin karena kurang pedulinya pemerintah dalam menyediakan teknologi informasi bagi generasi muda (anak-anak). Website yang sarat informsi ilmu pengetahuan dan patut diacungi jempol seperti ensiklopedi atau buku pintar adalah Situs Wikipedia dengan layanan berbagai bahasa yaitu http://www.wikipedia.org/ untuk yang berbahasa Indonesia dapat diakses lewat http://www.id.wikipedia.org/. Selain dari ensiklopedia anak-anak juga perlu diperkenalkan adanya website koran anak sebagai layanan informasi bagi mereka misal http://b0cah.org/ dan http://www.berani.co.id/ .


Website anak-anak alternative yang patut ditiru dan dirujuk :

  • Discovery Chanel dengan alamat website http://kids.discovery.com/ berisi video, foto dan game

  • NASA (National Aeronautics and Space Administration) dengan alamat website http://kids.msfc.nasa.gov/. Berisi game berbasis flash untuk memperkenalkan ruang angkasa

  • Energy Star dengan alamat website http://www.energystar.gov/index.cfm?c=kids.kids_index berisi penjelasan sederhana pendidikan hemat energi, seperti apa itu bahan bakar fosil, apa itu energi, dari mana datangnya energi.

  • FEMA (Federal Emergency Management Agency) dengan alamat website http://www.fema.gov/kids/ berisi penjelasan soal bencana dan cara menghindarinya, game yang bisa didownload.

  • National Geographic dangan alamat http://kids.nationalgeographic.com/ berisi foto, video dan game
  • Tidak ada komentar: